Sejarah

Pada Juni 1965 Bapak Deputi Menteri Pendidikan Dasar RI berkenan meletakkan batu pertama pembangunan gedung SMA Cikampek. Sementara siswa mulai hadir sebanyak 36 orang dengan tempat belajar di komplek SD Negeri Cikampek (yang kemudian menjadi SMP Negeri 2 Cikampek dan sekarang menjadi SMP Negeri 1 Cikampek) dengan status kelas jauh atau filial dari SMA Negeri Karawang. Seiring dengan bergulirnya waktu dan adanya Surat Keputusan dari Deputi Menteri Pendidikan Dasar Republik Indonesia tertanggal 29 Juli 1966 No. 1068.K./B/III/65-66. Tentang pemecahan SMA Negeri Tahun Ajaran 1965/1966, maka SMA Negeri Karawang dipecah menjadi :

  1. SMA Negeri Karawang
  2. SMA Negeri Cikampek

SK tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus 1966. Dengan demikian sejak tanggal 1 Agustus 1966 SMA Cikampek yang merupakan kelas jauh atau filial dari SMA Negeri Karawang statusnya menjadi SMA 350 yang berarti SMA Negeri ke-350 di Indonesia. Sekarang SMA Negeri Cikampek dikenal dengan nama SMA Negeri 1 Cikampek, para siswa biasanya menyebut SMA SACHIE . Berdasarkan latar belakang tersebut maka tanggal 1 Agustus dijadikan sebagai hari jadi atau HUT SMA Negeri 1 Cikampek yang diperingati setiap tahun dengan menggelar perlombaan, pertandingan, pentas seni, karya ilmiah tingkat Kabupaten Karawang.

Dalam mengembangkan potensi dan pembinaan Kabupaten Karawang Bagian Timur, SMA Negeri 1 Cikampek diberi kepercayan untuk mengelola dan membina SMA-SMA yang berada di Karawang Bagian Timur. SMA-SMA yang pernah menjadi binaan SMA Negeri 1 Cikampek adalah :

  1. SMA Filial Jatisari ( sekarang SMAN 1 Jatisari Karawang) – (1987)
  2. SMA Filial 2 Cikampek , Sekarang SMA Negeri 2 Cikampek – (2005)